Thursday 11 April 2013

Perbedaan Mentega Dan Margarin

Udah lama gak ngepost.. sibuk memasak. Lebih baik post Perbedaan mentega dan margarin.
Setelah tanya-tanya sama kakak. Akhirnya belakangan ini saya udah tau perbedaannya

Ketika mau membuat kue, atau membaca resep kadang kita membaca resep dengan menggunakan butter, margarine, mentega. Yuk kita intip perbedaan ketiganya.

1. Mentega
Mentega terbuat dari lemak hewan. Tekstur mentega sangat lembut di suhu ruang, wangi susu, mudah meleleh di suhu hangat. Warnanya kuning pucat (lebih muda dari margarine). Mentega biasanya mengandung vitamin A, D, protein dan karbohidrat. Di pasaran (di Indonesia) tersedia dalam merk-merk antara lain Orchid, Wysman, Elle & Vire, dsb.

2. Margarin
Margarine terbuat dari lemak tumbuh-tumbuhan (nabati). Teksturnya lebih kaku, stabil di suhu ruang (tidak mudah meleleh). Warnanya lebih kuning dari mentega. Di pasaran (di Indonesia) tersedia dalam merk Blue Band, Simas, Palmboom, dsb.

Dalam penggunaannya sebagai bahan kue, terutama cake, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Mentega punya aroma yang enak, tetapi terlalu lembut dan daya emulsinya kurang baik, menyebabkan tekstur kue kurang kokoh. Sedangkan margarine aromanya tidak seenak mentega, tapi daya emulsinya bagus sehingga bisa menghasilkan tekstur kue yang bagus. Pada umumnya orang mencampur mentega dan margarin dengan perbandingan 1:1, untuk mendapatkan aroma yang enak sekaligus tekstur kue yang memuaskan.

Nah... kesimpulan yg bisa diambil di atas adalah. Mentega lebih cocok untuk memasak panggang karena terbuat dari lemak hewani

Sedangkan margarin lebih cocok untuk olesan roti saja. Karena jika margarin digunakan untuk masakan panggang, biasanya menjadi kurang sehat karena kena panas

Semoga Post ini bermanfaat untuk semua

No comments:

Post a Comment